asuhan kebidanan komunitas



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Kebidanan komunitas adalah memberikan asuhan kebidanan pada masyarakat baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang terfokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, kesehatan reproduksi termasuk lansia.
Tujuan dan pelayanan kesehatan adalah agar keluarga dapat mandiri yaitu keluarga sanggup mengenal masalah kesehatan, sanggup untuk mengambil tindakan yang tepat, mengatasi dan menyelesaikan bimbingan secara terus menerus dan mereka dapat mencari saran-saran dengan kesadaran sendiri bila masalahnya melampaui kemampuan mereka.
Di desa Bumirejo khususnya RW III terdapat sebuah keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak dimana didalam keluarga ini terdapat beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan Kesehatan Keluarga Berencana dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tiga masalah tersebut antara lain Ny. W yang sedang menggunakan KB implant tetapi mengeluh sering mengeluarkan flek-flek darah dan belum paham tentang KB implant itu sendiri, selain itu suaminya yaitu Tn M memiliki kebiasaan merokok serta tinggal ditempat yang kurang bersih. Dari tiga masalah tersebut maka penulis tertarik untuk menjadikan keluarga Tn. M sebagai keluarga binaan.
B.       Tujuan Umum dan Khusus
1.      Tujuan Umum
Agar mahasiswa semester V STIKES Muhammadiyah Gombong prodi DIII Kebidanan mampu membina kesehatan keluarga yang mempunyai masalah yang lazim terjadi dalam komunitas dan membina kesehatan masyarakat di daerah binaan yang telah ditentukan.
2.      Tujuan Khusus
Mahasiswa mampu melaksanakan pengkajian pada keluarga secara komprehensif.
b.      Mahasiswa mampu mengenalkan data yang ada, membuat atau merusmuskan diagnosa kebidanan keluarga serta mampu mempriorotaskan berdasarkan skor yang didapat.
c.       Mahasiswa mampu merencanakan tindakan asuhan kebidanan berdasarkan prioritas masalah pada keluarga.


d.      Mahasiswa mampu melaksanakan tindakan kebidanan pada keluarga bermasalah.
e.       Mahasiswa mampu mengevaluasi asuhan kebidanan pada keluarga.
f.       Mahasiswa mampu mendokumentasikan setiap tahapan asuhan kebidanan pada keluarga.
C.       Manfaat
1.      Bagi Keluarga
Sebagai aplikasi perilaku hidup bersih dan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga.
2.      Bagi Mahasiswa
Untuk mengapikasikan mata kuliah kebidanan komunitas yang telah diperoleh selama perkuliahan.
3.      Bagi Profesi Bidan
Sebagai bahan masukan bagi para tenaga kesehatan, terutama bidan dalam menangani masalah kebidanan yang ada di dalam masyarakat.
4.      Bagi Institusi Pendidikan
Sebagai acuan mata kuliah kebidanan komunitas.