ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. D DENGAN TUMOR INTRADURAL EXTRA



BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. D DENGAN TUMOR INTRADURAL EXTRA MEDURAL THORAKAL 5

RUANG         : A 1                                                                No. RM          : 5362924
BAGIAN        : Bedah Syaraf

PENGKAJIAN

 
C.     Riwayat Kesehatan.
1.      Keluhan Utama.
Kaki terasa lemas
2.      Riwayat penyakit sekarang
Pada pengkajian tanggal 19 Oktober 2006 yang diperoleh dari klien sendiri yaitu klien dating dengan keluhan kurang lebih sejak sebulan yang lalu kaki terasa lemas dan berat untuk digerakkan. Tanggal 19 Oktober 2006 pukul 09.00 – 12 45 klien menjalani operasi Laminektomi.
3.      Alat Bantu yang digunakan.
Walker.
4.      Diagnosa media.
Tumor intradural extra medural thorakal 5
5.      Riwayat penyakit dahulu.
Klien belum pernah menderita atau mengalami keluhan yang sama. Selain itu klien belum pernah dirawat atau menjalani perawatan di rumah sakit. Klien belum pernah menjalani operasi.
6.      Riwayat kesehatan keluarga.
Didalam keluarga klien tidak ada anggota keluarga yang mengalami keluhan atau menderita penyakit yang sama seperti klien. Selain itu tidak terdapat riwayat penyakit keturunan dalam anggota keluarga seperti diabetes mellitus, hipertensi, hemofilia.
D.    Pengkajian Fisik dan Fungsional.
1.      Kesadaran, Afektif, dan Kognitif.
Jumlah GCS klien 15 (E = 4, M = 6, V = 5), Kesadaran komposmentis, tidak mengalami gangguan orientasi baik waktu, tempat dan orang, tidak mengalami amnesia. Pandangan terhadap diri sendiri yaitu ingin berobat supaya sembuh.

2.      Toraks-Kardio-Respiratori.
Tanda-tanda Vital :
Tekanan Darah            = 110/ 60 mmHg
Nadi                            = 80 x/ menit.
Pernapsan                    = 20 x/ menit.
Suhu                            = 36, 8 ˚C.
Klien tidak mengeluh batuk, jenis pernapasan dada dan teratur, suara pernapasan vesikuler, perkusi sonor, tidak terdapat atau teraba benjolan atau luka, tidak mengalami nyeri dada dan sakit kepala, mur-mur (-), gallop (-).
3.      Pola Nutrisi dan Cairan.
a.       Sebelum Masuk RS.
TB = 160 cm, BB = 55 kg
b.      Keadaan sekarang.
Klien tidak mengeluh mengalami gangguan, kuantitas konsumsi makan 3 kali sehari dengan menu nasi, lauk, sayur buah, susu serta makanan selingan. Jenis lauk hewani setiap hari. Kuantitas minum perhari ± 1500 ml dengan jenis air putih, tidak mempunyai kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan seperti merokok, alcohol, narkoba. Tidak mempunyai makanan pantang, dan tidak memiliki alergi terhadap makanan, bahan makanan, obat atau zat kimia.



4.      Eliminasi.
a.       Sebelum sakit.
Tidak mengalami keluhan baik BAB maupun BAK, BAB : frekuensi 1 kali perhari, bau khas, konsistensi lunak, warna kuning. BAK : frekuensi ± 6 – 8 kali perhari, warna bening.
b.      Selama sakit.
Tidak mengalami keluhan baik BAB maupun BAK. BAB : frekuensi 1 kali perhari, bau khas, konsistensi lunak, warna kuning. BAK : frekuensi ± 6 – 8 kali perhari, warna bening. Jumlah urine selama 24 jam: ± 1500 ml.
5.      Integritas Kulit.
Penampilan bersih, kondisi kilut utuh, tidak terdapat lesi, tidak terdapat eksudat dan granulasi. Turgor kulit cukup, kondisi rambut normal.
6.      Kemampuan Mobilisasi dan Kondisi Muskulo-Skeletal.
Klien mengeluh kaki terasa lemas. Tidak ada kerusakan tulang, tangan yang dominan yaitu kanan, berjalan menggunakan walker, duduk stabil, bahu simetris, bentuk tulang belakang normal, ekstremitas atas normal dan mandiri.
7.      Aktifitas, Istirahat dan Tidur.
Jenis aktivitas dengan fisik ketika belum sakit yaitu sedang. Kemampuan aktivitas selama sakit yaitu napas spontan mandiri, gerakan tangan mandiri, duduk dibantu, bergerak dibantu, duduk dibantu, dan mengunakan alat bantu walker. Klien tidak mempunyai keluhan dalam istirahat dan tidurnya. Lama tidur sebelum sakit yaitu malam 8 jam, siang 1 jam. Lama tidur selama sakit yaitu malam 8 jam, siang 1-2 jam.